Buy Me A Coffee!

GoPay

Friday, August 15, 2014

Mendaftar TOEFL Preparation Course

Kampus saya memiliki sebuah lembaga bernama Balai Bahasa. Disana terdapat beragam kursus bahasa. Salah satunya bahasa Inggris. Berhubung saya harus memiliki nilai TOEFL atau setara sebagai syarat sidang, maka saya bersiap terlebih dahulu untuk les disini.

Untuk mahasiswa UPI, biaya kursusnya Rp 600.000. Pertemuannya direncanakan 3 kali dalam seminggu selama 3 jam. Teman saya yang pernah ikut kursus ini mengatakan terdapat 3 kali tes PTESOL (The Proficiency Test of English for Speakers of Other Language), setara TOEFL. Jadi lumayanlah, sekalian belajar bahasa Inggris sekalian dapat testnya.

intermezzo - PTESOL bukan TOEFL. TOEFL sendiri adalah serangkaian test hak cipta dari ETS (Educational Testing Service), nah sedangkan PTESOL itu dibuat oleh universitas. Biaya test TOEFL yang asli berkisar US$160-US$250. Lumayan mahal memang.
Peserta TOEFL Prep Course ada 30 orang. Kursus ini dilaksanakan jika kuota peserta sudah terpenuhi. Jadi jika anda mendaftar dan masuk ke dalam waiting list, saat balai bahasa menghubungi anda segeralah untuk daftar ulang dan membayar biaya kursus.

Sebelumnya saya pernah mendaftar di bulan Juni yang rencananya untuk bulan Agustus. Saya saat itu sudah dihubungi, tapi berhubung saya masih mudik jadi saya menolak. Selasa lalu saya kembali ke Balai Bahasa dan bertanya mengenai TOEFL Prep Course, dan ternyata katanya tersisa 7 kuota. Saya saat itu belum siap dan berniat untuk kembali esoknya. Saat besoknya datang ternyata (kata mas-mas yang jadi petugas di Balai Bahasa) tersisa 1 kuota lagi. Alhamdulillah masih ada, saya langsung daftar.

Prep Course periode ini dimulai dari tanggal 19 Agustus nanti setiap hari Selasa, Rabu, dan Jumat.

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)