Buy Me A Coffee!

GoPay

Sunday, May 11, 2014

Lecture Note: Apakah anda Scientist Atau Engineer?

Pak Lala Septem Riza kali ini membahas apakah anda adalah seorang scientist atau engineer. Hmm.. topik ini bagus sekali untuk ditanyakan di grup jurusan saya. Kenapa? Karena jurusan saya adalah Ilmu Komputer yang seharusnya berbasis keilmuan dan menelurkan scientist, tapi pada kenyataannya pekerjaan yang diambil kebanyakan adalah pekerja industri (e.g: programmer, admin, dsb). 

Lecture note yang beliau buat membuat saya berkontemplasi banyak. Hehe. Berikut note beliau:

[LECTURE NOTE] Siapakah Anda sebetulnya ??? Kalau kita ditanya begitu, apa jawab kita ? Apakah kita seorang ilmuwan (scientist) atau kah kita seorang insinyur (Engineer)? Kalau diliat dari kita yang sekolah di Ilmu Komputer atau Computer Science, mungkin saja kita seorang scientist/ilmuwan karena ada kata science -nya . Tapi memangnya apa itu computer science ? Apa bedanya dengan teknik komputer/computer engineering ? Benar- benar yakinkah kita kalau kita adalah seorang ilmuwan ? Apa buktinya kalau kita seorang ilmuwan bukan insinyur ?Coba kalau kita tanya ke pengemudi kereta api, Beliau dengan yakinnya akan menjawab: "Saya adalah seorang masinis". Begitu juga ada yang bilang: "saya adalah seorang pilot"; "saya adalah seorang tukang kayu", "saya adalah insinyur sipil", dst. Sekarang kita tanya pada diri sendiri: "siapakah anda ?" seorang ilmuwan kah atau seorang insinyur ? "Ahhh kok cari pusing sihh, emang gue pikirin, yang penting lulus lah". Kalau itu jawaban kita, maka kita tak ingin tahu siapa diri kita. Masak kita kalah dengan masinis, pilot, dan tukang kayu yang bisa menjawab dengan lantangnya.... hayoo, jawab pertanyaan ini "siapakah diri kita" ?  Dan sejatinya apa itu science, engineering, computer science, computer engineering, apa syarat untuk menjadi ilmuwan/scientist (orang yang belajar/bekerja di science), dan apa kriteria dikatakan sebagai insinyur/engineer (orang yang belajar/bekerja di engineering).
Mangga bagi yang ingin berpendapat....

1 comment:

Comment is caring :)