Buy Me A Coffee!

GoPay

Wednesday, December 4, 2013

Konsentrasi?

Saya kurang tahu apa penjurusan yang ada di Ilkom UPI. Nggak ada penjurusan sih, tapi dari judul-judul skripsi yang diajukan kayaknya kelihatan fokus bidang ilmu dikotak-kotakkan. Jadi mungkin namanya bukan jurusan, tapi lebih ke konsentrasi ya, mungkin.

Selengkapnya tentang bidang-bidang ilkom sendiri mungkin yang disebutin di wikipedia kali ya, tapi untuk di UPI (yang sejauh ini saya perhatikan) kurang lebih saya petakan gini:

0. Novice
job awal, halah, hahaha

1. Teoretikal
Konsentrasi yang ini memahami lebih dalam tentang ilmu komputer itu sendiri, seperti algoritma, teori bahasa pemrograman, compiling, efisiensi, dsb. Yang milih konsentrasi ini kayaknya yang sudah sohiban sama matematika.

2. Sistem Informasi
Sesuai dengan namanya, konsentrasi ini melakukan ilmu terapan ilmu komputer ke penggunaan sistem informasi. Biasanya yang ngambil konsentrasi ke sini ada juga yang lebih ke arah sistem cerdas, sistem pakar, atau sistem pengambil keputusan.

3. Rekayasa Perangkat Lunak
Kalau disini lebih ke teknik pengolahan perangkat lunak, seperti ilmu perancangan perangkat lunak, teknik pemrograman yang dilakukan, penggunaan OOP, etc.

4. Kecerdasan Buatan
Bidang ini sebenernya luas banget sih, dan bisa masuk kemana-mana. Bisa ke Sistem Informasi, bisa ke ke Pengolahan Citra juga, soalnyabidang terapan. Yang ngambil konsentrasi ke sini biasanya ngambil judul penelitian penerapan kecerdasan X untuk kasus Y. Bisa juga membandingkan algoritma untuk efisiensi.

5. Pengolahan Citra
Pengolahan citra juga termasuk ilmu terapan. Kalau saya rasa pengolahan citra itu superset dari kecerdasan buatan tapi difokuskan ke citra. Misalnya pendeteksian gambar dan pola.

6. Jaringan
Jaringan fokusnya untuk... jaringan. Everything that connected about connection. Saya kurang paham benar sih. Tapi setahu saya di konsentrasi ini lebih meneliti tentang alur kerja jaringan, keamanan, teknik algoritma yang diimplementasikan dalam pengelolaan data yang saling ditransfer, etc.

7. Kriptografi
Yang hobi kode-kodean? Kriptografi jadi salah satu bidang fokusnya. Saya juga kurang begitu tahu. Sepengetahuan saya bidang konsentrasi ini mempelajari teknik dalam keamanan data dan penyandian.

8. Robotika
Saya jarang melihat judul skripsi tentang robotika sih di Ilkom UPI, tapi ada! Dari nama konsentrasi nya sudah ketebak lah ya, tentang elektronika dan implementasinya dalam bentuk perangkat keras.

9. Data
Kalau bidang ini memahami cara pengolahan data dan mengambil informasi yang tersembunyi di dalam data. Misalnya penelitian tentang teknik-teknik dalam data mining.

10. Pendidikan
Ilkom UPI itu unik, soalnya ada prodi Pendidikan Ilkom nya sendiri. Di bidang ini lebih ke penelitian media yang digunakan, teknik pengajaran, tanggapan pelajar terhadap ilmu yang diberi, etc yang saya kurang tahu lengkap


Ya bidang ilkom itu emang masih banyak banget sih. Banyak. Banget. Kalau dipecah-pecah lagi mungkin bisa nyampe ratusan. Jadi bidang-bidang disini yang saya daftar juga nggak pasti-pasti amat. Liat aja contohnya Harvard dalam membagi contoh konsentrasi. Ada sistemnya juga yang keren, dan saya nggak tahu, ternyata ada, dalam merancang masa studi http://studyplan.seas.harvard.edu/ug/. Merindiiing

Post ini kayaknya bakal saya update lagi nanti. Untuk sekarang, ciao!

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)