Tuesday, November 26, 2013

Tugas Kapita Selekta


1.     Informasi yang disadap
Call log dari presiden, yakni daftar nomor telepon yang masuk dan yang keluar selama 15 hari.
2.     Media yang disadap/digunakan
Handphone
3.     Kelemahan anti penyadap yang ada
4.     Kemungkinan teknologi yang digunakan
Sebenarnya Indonesia sudah memberikan handphone yang memiliki anti penyadapan dan dienkripsi, namun karena memiliki delay dalam percakapan maka presiden menggunakan handphone lain
5.     Kemungkinan metode/cara yang digunakan
Disebutkan DSD (Defence Signal Directorate, sekarang bernama Australian Signal Directorate) melakukan penyadapan ketika presiden menghubungi maupun dihubungi orang lain. DSD melakukan penyadapan ketika di tengah jalan dari percakapan dikirim.
6.     Penggunaan anti penyadap yang sebaiknya/efektif
Walaupun perangkat yang aman diberikan pemerintah memiliki kelemahan adanya delay dalam percakapan namun bagi urusan pemerintah sebaiknya digunakan.
7.     Penanggulangan yang cepat dari modus penyadapan
Menuntut kegiatan penyadapan.
Melakukan penyelidikan kemungkinan penyadapan lain terhadap kegiatan informasi sensitif.
Menerapkan “atas dasar curiga” terhadap kegiatan transaksi yang dilakukan antar negara.
8.     Tindakan teknologi yang harus dilakukan
Segera menghentikan penggunaan perangkat.
Mengembangkan anti penyadapan untuk informasi elektronik.
9.     Program anti penyadapan yang harus dikembangkan

Anti penyadapan harus dikembangkan di sisi provider dan device. Sebaiknya Indonesia dapat mengembangkan perangkat seluler sendiri yang didukung penuh oleh pemerintah.

Thursday, November 14, 2013

Buang Air Besar

Postingan kali ini agak jorok, tapi enggak aneh-aneh kok, bahkan edukatif. Fufufu.

Buang air besar, ee, pup, defekasi, apapun namanya, siapa sih yang nggak pernah ? Kegiatan yang tiap hari (atau untuk sebagian orang beberapa hari sekali) dilakukan ini tidak bisa dilewatkan. Semuanya melakukan kegiatan yang sama, untuk membuang sisa yang sudah dimakan. Eh tapi, walaupun semuanya membuang, nggak semuanya melakukan cara yang sama.

Cebok

Kegiatan setelah buang air besar disebut cebok. Cebok sendiri sebenarnya membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di pantat, kalau nggak dibersihin kan lengket (eew.. gue tahu itu jorok).

Air

Di Indonesia umumnya saya mengenal kegiatan cebok dengan air. Jadi setelah buang air besar kita bisa membersihkan pantat dengan menyiramkan air menggunakan gayung yang dipegang dengan tangan kanan dan tangan kiri menyapukan air di bagian pipi pantat (wow, teknis gini) dan tengah (aduh).

Tisu

Kalau dunia internasional biasanya lebih mengenal tisu sebagai alat untuk melakukan cebok-mencebok. Cara pakainya ambil dua atau tiga lembar tisu gulung, kemudian agak lipat, terus di.. apa ya bahasa Indonesia yang tepat? Kalau bahasa banjarnya di "palit", maksudnya di sapukan dengan mengelap kotoran (haih).

Daun

Saya pernah dengar dari salah seorang teman saya. Waktu itu beliau pergi ke Afrika dan tidak ada tisu sebagai alat pembersihnya, jadi beliau menggunakan daun sebagai alat pembersih. Mungkin mirip tisu ya?

Batu

Ini kalau nggak salah pernah dengar dimana gitu ya, di hadits bukan sih? Pokoknya batu sebagai salah satu alat untuk cebok. Saya nggak tahu pasti gimana cara penggunaannya, yang pasti dibagian pantat lah ya... digesek? Ah.. sudahlah

Posisi

Nah... Sadar atau nggak, di beberapa tempat untuk posisi juga terdapat perbedaan kok.

Jongkok

Hal ini lumrah kalau di Indonesia. Bahkan ada perbedaan istilah toilet jongkok dan toilet duduk kan.

Posisi jongkok ini harus dilatih dari kecil. Saat saya bertemu dengan orang Amerika dan bercakap-cakap tentang jongkok, beliau heran dengan orang Indonesia yang dengan santai bisa jongkok di pinggir jalan sambil ngerokok atau minum kopi. Ternyata oh ternyata beliau mempraktikkan dan tidak bisa melakukan posisi jongkok! Aneh ya? Tapi bukan berarti jongkok itu Indonesia punya, selain di Indonesia setahu saya di Jepang juga ada yang menggunakan toilet jongkok.

E tapi gimana ya, jongkok itu posisi paling maknyus (halah). Waktu KKN teman saya bilang kalau jongkok itu enak soalnya (kata dia) perut jadi tertekan dan bisa mbrojol. Ah, tapi itu sih sugesti sih...

Duduk

Posisi ini juga dikenal secara internasional. Kok internasional sih? Ya soalnya di Indonesia kan lumrahnya toilet jongkok, kok di hotel-hotel posisinya duduk? Berarti secara tidak tertulis ini adalah posisi internasional. Meh..

Posisi ini diakui tidak nyaman bagi orang-orang Indonesia, yang saya temui. Anu.. bahkan seringkali toilet duduk ini tetap saja dijadikan tempat untuk posisi jongkok. Jadi sang pembuang hajat menaruh kakinya di atas dudukan pantat dan jongkok deh disitu. Eeew...


Mungkin masih banyak posisi lainnya ya? Posisi berdiri? Posisi tengkurep? Posisi tidur? Who knows. Posisi ee ini walaupun berbeda-beda tapi tetap satu jua, bhinneka tunggal ika kalau kata orang Indonesia. Tujuannya untuk buang air besar. Bahkan untuk buang air besar kita bisa satu tujuan, kok perdamaian di dunia tidak bisa satu tujuan? Mungkin satu kali ya, tapi beda cara...

Dan kenapa tiba-tiba tentang perdamaian dunia gini. Halah.

Sekian postingan tentang Ee ber Ee hari ini. Syukurilah bisa ee soalnya bahkan ada orang yang harus ke dokter buat ee doang, serius.

Selamat ber ee ria!