Sunday, July 21, 2013

Ada Maling di Cibabat!


di mesjid, lampu emergency dan lilin 

Malam ini ada kejadian cukup menegangkan di kelurahan Cibabat. Ada maling!
Jam menunjukkan pukul 19:05. Adzan Isya berkumandang dan saya pun melangkah keluar posko. Saatnya pergi ke mesjid Al-Maarij. Kenapa mesjid ini? Soalnya dekat.
Baru saja menapak selangkah, saya tersentak. Ada pemandangan yang aneh, halaman posko yang menghadap belakang saat itu gelap. Biasanya rumah dekat kebun menyalakan lampu dan lumayan menerangi pohon-pohon di sekitar halaman posko. Sekarang tidak, suasananya suram.
Dan sesosok setan muncul!

Tuesday, July 2, 2013

Rapel Rangkuman KKN

Pengen nulis, tapi lagi nggak mood nih buat nulis. Jikalau terdapat kata-kata yang kurang berkenan serta cara bertutur yang tidak berstruktur bagi mata anda maka mohon maklum. Siapkan obat tetes mata aja ya.

Dua minggu kegiatan KKN adalah kegiatan yang he’eum banget.
Apa itu he’eum? He’eum adalah personifikasi dari kegiatan yang membingungkan dan menyenangkan ketika bersatu dengan galur-galur kepribadian…. huh, cukup.

Oke, mari kembali.

Sebelumnya saya jabarkan dulu lah ya program kerja yang sudah dirancang sebelumnya.

Kelompok LH (Lingkungan Hidup) Cibabat memiliki 4 program utama, yakni:
  1.  Peta hijau, pembuatan informasi daerah tentang tanaman dan tempat sampah yang terletak di daerah tertentu.
  2. Penyuluhan, memberikan informasi tentang lingkungan hidup kepada warga sekitar.
  3. Urban Farming, melakukan kegiatan bercocok tanam yang menghasilkan.
  4. Benah Banjir, bersih-bersih dan membuat lubang Biopori bersama-sama warga untuk menghindari banjir.


Sudah kebayang apa yang akan kami kerjakan? Mari kita runut kegiatan yang sudah dilakukan

Senin, 24 Juni 2013
Pindah-pindah. Awalnya pengen penyambutan di kecamatan, ternyata sekalian besok pas upacara.

Selasa, 25 Juni 2013
Hari ini kegiatan Apel di kecamatan. Setelah sekian lama nggak upacara, berdiri 20 menit aja sudah pegel beud. Disana upacara juga berbarengan dengan teman-teman dari kelurahan Cibabat yang lain.
Setelah upacara di kecamatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke kelurahan untuk bertemu dengan Pak Arie selaku Pak lurah. Kelurahannya dekat banget dengan posko!
Pak lurah bilang RW yang memiliki masalah yang lumayan pelik di Cibabat ada di RW 9 (dan beberapa RW lain, hmm… lupa sisanya).
Sorenya jalan-jalan ke RW 25/ RT 01 untuk bertemu Pak RT nya. Ada benarnya juga Pak lurah menyarankan kegiatan di RW 9. Selama perjalanan menuju rumah Pak RT, dari pandangan saya RW 25 rumah-rumahnya kebanyakan besar-besar, lingkungannya asri, dan sudah banyak kebun juga.
Sesampainya disana kami bertemu dengan Pak RT yang sedang nyapu-nyapu jalan. Kemudian kami diajak ngobrol-ngobrol di kantor RW.
Eh kebetulan ternyata Pak Ripto, nama dari Pak RT nya, memegang jabatan yang mengurus lingkungan hidup. Asyik…


Rabu, 26 Juni 2013
Karena hari sebelumnya dibilang pak Arie menyarankan ke RW 9 jadinya jalan-jalan deh ke sana.

Kamis, 27 Juni 2013
Di Kelurahan Cibabat nggak cuma kelompok kami yang mengadakan kegiatan KKN, ada juga dari STKIP Siliwangi. Nah karena itu kami bersama-sama bertemu dengan teman-teman STKIP, itung-itung silaturahmi, siapa tahu bisa mengadakan kegiatan bareng juga lah ya…
Selain ketemu-ketemuan, hari ini juga ada penyulihan dari Badan Amil Zakat di kelurahan. Sekaligus ikut penyuluhan, sekaligus dapat makan gratis sih…. (lumayan dapat cilok gratis, kikikikik)
Kemudian sekitar jam setengah empat dilanjutkan dengan penyuluhan tentang septik tank komunal deh.
Kayaknya informasi tentang septik tank komunal bakalan saya tulis secara terpisah. Pas akhir dari kegiatan saya ketemu dengan pemateri yang datang dari pegawai pemkot Cimahi. Eits, kemudian dapat undangan besoknya ke pemkot untuk kegiatan rapat disana.
Setelah itu sholat deh di masjid, yang membuat saya kehilangan sepasang sepatu tercinta, hm.. saya tulis secara terpisah juga deh nanti.

Jumat, 28 Juni 2013
Menghadiri Pak Komme, yang kemarin ngundang ke kantor pemkot Cimahi. Dibilangnya jam 8 sih… err… tapi ternyata mulai acaranya jam 10. Lama juga ya? Hm.. biasa sih.. Indonesia (aduh cliché). Tapi nggak apa-apa lah lama nunggu juga, dapat konsumsi (pret!). Coba ditulis terpisah lah ya~

Sabtu, 29 Juni 2013
Pulang, ngambil sepatu di kontrakan. Ini muter-muter sumpah, kayaknya bikin postingan terpisah lagi deh ya.

Minggu, 30 Juni 2013
Jalan-jalan ke Blok M (sebutan buat makam) untuk menghadiri undangan Kaulinan Budak Baheula. Itu adalah program yang dilaksanakan oleh

Senin, 1 Juni 2013
Ngebantu kegiatan POSBINDU di RW 9. POSBINDU itu semacam POSYANDU tapi buat lansia. Saya baru tahu istilah POSBINDU ini. Keren juga programnya, jadi warga RW 9 yang sudah lansia berdatangan, dicek berat badan dan tingginya, kemudian konsultasi. Kami cuma ngebantuin pencatatan, mengukur tinggi dan berat badan pengunjung.
Setelah itu ngobrol-ngobrol dengan Pak RW 9. Panggilan beliau Pak Topo.

Selasa, 2 Juni 2013

Bersih-bersih kebun di sebelah POSYANDU.

Udah dulu deh, update-update berikutnya akan terukir disini.
Doakan saya menulis! Hyat!