Buy Me A Coffee!

GoPay

Tuesday, January 22, 2013

#OperasiSemut

Alhamdulillah dua hari ini menyenangkan sekali. Bersama teman-teman KEMAKOM menyisiri helai-helai rumput di lapangan berdebu sekedar memunguti sampah yang terserak.

#OperasiSemut

Ini usul dari @arifj_ sebenarnya. Di sela-sela perbincangan santai, terselip curhat nyinyir, nyinyir bagi orang yang selalu mengikuti foto instagram saya bertagarkan #sampah . "Ada bis yang masuk ke UPI, terus buang sampah sembarangan, jadi banyak sampahnya disana," ujarnya.

Kampus UPI Siliwangi seringkali menjadi tujuan bagi wisata akademik. Sebagai universitas yang mengusung nama pendidikan sudah sewajarnya lah dijadikan bahan pertimbangan dan tinjauan dari perguruan tinggi lain. Hampir setiap minggunya ada saja bis-bis yang berdatangan dari luar kota, membawa serta rombongan putra-putri daerahnya untuk mendapatkan segelintir pengalaman baru dari universitas di kecamatan Isola ini.

Tak usah dikata, banyak pendatang maka banyak yang didatangkan, maksud implisit saya adalah sampah. Sampah berjejer, menumpuk, dan tersulam bersama rerumputan. Bungkus-bungkus snack, roti, permen-permen kecil-kecil, kotak-kotak catering beraneka rupa, mengubah dari UPI yang bersimbahkan wibawa menjadi bersampahkan durja.

"Yuk kita ambil," sahut saya, dengan gaya berceletuk dan ditanggapi antusias.

1st day

Menggelar poster bertuliskan #operasisemut bertinta merah di sisi timur gedung FPMIPA-C bersama @Firdaus6661 untuk memungut beberapa sampah yang menyembul di sisi-sisi kendaraan diparkir. @arumyunia datang beberapa saat kemudian, disusul @arifj_, @madelhaq, @cgeatz dan teman-teman lainnya.

Ada hal yang menarik di daerah FPMIPA-C. Saya dan @arumyunia menemukan gundukan sampah plastik yang sudah teraduk dan tercampur dengan tanah, menggunduk, menjadi tanjakan kecil, dan sebuah pohon tumbuh di atasnya. Sampah ini tidak mungkin bisa kami ambil, memerlukan cangkul dan tenaga ekstra untuk memindahkannya.

Kami meneruskan penyisiran hingga sampai di sisi timur Lapangan Berdebu.

Sedikit mengisahkan Lapangan Berdebu. Lapangan ini sebenarnya bagian dari lapangan olahraga UPI, nama Berdebu dipelesetkan dari lapangan Bernabeu di Spanyol.

Lapangan ini ditumbuhi rumput-rumput ilalang. Terlihat damai dan asri. Dari kejauhan tak ada yang salah, namun tak dinyana, sampah-sampah kecil dan besar bergumul di dalamnya. Kami hanya sanggup menjajal kantong sampah kami hingga setengah lapangan. Itu pun tidak bersih tuntas, begitu banyak sampah berbentuk kecil-kecil dan lengket sudah bercampur dengan tanah.

Matahari bersinar terik, menyorot di atas ubun-ubun. Cahayanya mulai tergelincir ke sisi barat, dan kami menyudahi hari ini untuk dilanjutkan besok.

2nd day

Pemungutan dimulai dari jam 8. Uh! Saya bangun telat! Alhamdulillah tepat waktu di Lapangan Berdebu, dan belum ada teman yang datang, ternyata Azizah menunggu di dalam gedung FPMIPA-C, sontak beranjaklah dia menemani saya.

Hari kedua fokus menyiduk sampah-sampah di area utara lapangan. Dekat dengan parkiran bis, dan subhanallah, seolah membuang sampah di TPA. Satu area bahkan memerlukan 2 trashbag untuk mengumpulkan kotak-kotak makanan catering yang berserakan. Ditambah dengan belatung, cacing, kecoa, dan serangga terkesan absurd lainnya menikmati sisa-sisa sayur, nasi, dan buah yang tidak habis.

Kasihan Azizah, dia takut cacing. Tapi lucunya dia menganggap belatung lucu.

Perjuangan masih dilanjutkan oleh kami berdua hingga jam 11. @madelhaq datang bersama @cgeatz.

Akhirnya setelah meremas, menginjak, mengais-ngais sampah yang berserakan, kami sudahi hari kedua ini, dan kami mendapatkan 10 trashbag.


Ah... selesai juga #operasisemut kami ini. Sampah yang kami ambil tidaklah semua karena kami tidak sanggup. Walaupun tidak semua namun kami telah melakukan salah satu tindak nyata, mengambil sampah, dan tidak hanya untuk membersihkan, namun membangkitkan kesadaran akan membuang sampah sembarangan, dan itu ada pada banyak orang.

Jangan salahkan sampahnya, salahkan mental membuang sampah sembarangan.

Semoga di lain waktu dapat melakukan kegiatan-kegiatan super seperti ini lagi, dalam waktu dekat ini.

Regards,

Giri


P.S: Terima kasih untuk teman-teman yang turut membantu acara #operasisemut. 








Cuplikan-cuplikan di dunia maya

madelhaq mention di @infoUPI, dan diretweet oleh @infoUPI. Sayang hanya di retweet namun tidak diikuti partisipan




ditag @operasisemut
akhir kata #operasisemut



1 comment:

  1. finally, an action!
    Kagum nih. Teruskan om!

    ReplyDelete

Comment is caring :)